tugas softskill


Samosir Berbenah Menuju Kabupaten Wisata
Sebagai kabupaten baru, Samosir dengan keunggulan objek wisatanya di seputaran Danau Toba nan indah, mulai berbenah. Unsur pemerintah bersama masyarakatnya, bertekad mewujudkan Samosir menjadi Kabupaten Wisata tahun. Karenanya, pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat baik di bona pasogit (kampung halaman-red) maupun di parserahan (rantau-red), pihak swasta, tengah menggodok serangkaian persiapan guna merealisasikan tekad Samosir menjadi kabupaten terdepan di Sumut, melalui pengembangan sektor pariwisata,
“Sektor pengembangan pariwisata terkait dengan program ini, menjadi fokus Pemkab Samosir pada rencana pembangunan jangka menengah (RPJM), yang dimulai sejak tahun 2005. Program ini dijabarkan dalam 4 strategi, yakni peningkatan aksesibilitas, Pembenahan Objek Wisata, mewujudkan keamanan dan kenyamanan, serta mendorong masyarakat sebagai pelayan bagi wisatawan.
Keempat strategi kata telah berjalan sejak 2005. Saat ini, pihaknya tengah mendapatkan bantuan satu unit Kapal Ferry dari Dinas Perhubungan menyusul rencana pemberian satu unit kapal pesiar dari dinas yang sama, yang akan memperlancar sektor transportasi khususnya bagi kota-kota yang mengitari Samosir. Pengerukan tano ponggol juga sedang dilaksanakan untuk memperlebar lintasan, sehingga dapat dilalui kapal.
Sedangkan pembenahan objek-objek wisata, terfokus pada pembenahan objek wisata sudah ada, objek wisata yang layak dikembangkan, dan objek wisata yang diunggulkan. Sementara untuk menciptakan keamanan dan menumbuhkan sikap melayani bagi warga Samosir, pihaknya gencar melakukan pembinaan melalui penggalian dan kegiatan budaya.
Selain itu, berbagai upaya telah dilakukan sejak tahun 2007, di antaranya dengan menggelar even seni budaya maupun pariwisata. Sementara di tahun 2007, pihaknya akan menggelar even Lake Toba Eco Tourism Sport 28 Mei hingga 3 Juni 2007. Sedangkan even berikutnya, yakni “Pesta Bolon” kolaborasi skala tradisional, nasional dan internasional, yang akan diselenggarakan pada 1 – 7 Juli 2007.
“Yang lebih penting yaitu meningkatkan PAD. Jika tahun sebelumnya rata-rata PAD hanya mencapai Rp 50 juta, 2007 kita targetkan Rp 280 juta.Menyinggung tentang dana yang dianggarkan pada pengembangan sektor ini, “Pemkab tidak mengucurkan dana besar bagi pariwisata, namun lebih kepada sektor infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. sebab sektor ini masih jauh tertinggal dibanding kabupaten lainnya di Sumut. Kita meyakini, dengan berkembangnya ketiga sektor ini sekaligus mendukung bagi kemajuan sektor pariwisata..

analisis
menurut pendapat saya pembenahan di bidang tranportasi dan pendidikan maupun acara kebudayaan memang sangatlah penting dan di utamakan, tapi selain itu factor keindahan alam juga harus di perhatikan yang di mana alam atau danau toba merupakan objek utama alasan orang akan berwisata ke danau toba,selebihnya hanya bersifat melengkapi saja.
Maka daripada itu pemda harus memberikan pengarahan kepada masyarakat sekitar untuk merawat dan melestarikan daerah danau toba yang merupakan objek wisata yang utama.
keberadaan Hotel, Restoran, dan rumah makan di Samosir adalah sekunder, bukanlah lokomotif /pemancing utama. orang datang ke pulau Samosir. Harga murah atau mahal,. Masing2 ada pangsa pasarnya. Mereka ini otomatis akan hadir dan berkembang kalau memang banyak turis yang datang.
Dari segi potesinya danau toba dan pulau samosir bukanlah hal yang asing lagi bagi para turis.danau toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan merupakan danau tektovulkanik terbesar di Indonesia serta danau toba merupakan bekas gunung terbesar di dunia”gunung toba” yang fenomenal di kalangan para peneliti

sumber:
http://www.silaban.net/2007/05/27/samosir-berbenah-menuju-kabupaten-wisata-2010/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s