Cara Memulai dan Mensiapkan Sebuah bisnis Baru


Gambar

Menyiapakan dan Memulai Sebuah bisnis Baru

Hallo.. sobat semua kali ini saya akan mencoba menyajikan materi tentang Bagaimana sih cara meyiapkan dan memulai bisnis baru(how to start a new business.?! Serta apa  sih kiat-kiat yang kita butuhkan?! Ayo kita bahas satu persatu.

Pada kali ini saya akan memulai materi ini dengan sebuah ilustrasi untuk memudahkan anda dalam memahaminya.Ketika suatu waktu seorang pelatih timnas indonesia sedang di tanyai tentang peluang kemenangan yang akan diraih pada saat melawan tim negara lain yang jauh lebih kuat dan berpengalaman, misalkan saja negara spayol atau brazil.Sebagai seorang pelatih bila di tanya peluang untuk memenangkan pertandingan ia akan menjawab “peluang kemenangan yang ada saat ini adalah sama, baik timnas maupun tim kuat  tersebut sama-sama memiliki peluang untuk menang karena , waktu , jumlah pemain dan skor sama-sama di mulai dari 0-0.

Nah … bertolak dari itu dalam memulai berbisnis pun harus  berprinsip demikian pula, bisnis besar sama-sama memiliki peluang yang sama dengan pemula, yang besar bisa menjadi kecil dan yang kecilpun bisa menjadi besar. hal itu tergantung bagaimana anda dapat mengelolah manajemen dan menyelesaikannya, di ibaratkan sebuah bunga tidak akan mekar jika anda tidak mengerti cara merawatnya. Begitu pula halnya sebuah bisnis/usaha yg kita geluti.

megerti bahwa peluang anda untuk menjadi seorang wirausaha sagatlah besar tergantung bagaimana anda menemukan peluang “EMAS” agar dapat melangkah.

Banyak Lulusan menganggur (Maaf.. Saya juga belum lulus) Tapi itulah faktanya saat ini, karena mereka salah menempatkan diri mungkin anda harus membaca pernyataan ini “Bila anda ingin terbang bergabunglah dengan kumpulan (Burung) bukan dengan (Itik),”kata-kata seperti ini cocok bagi anda yang ingin menjadi seorang pebisnis. bergabunglah dengan “Entrepreneur” sukses atau orang yang bermotivasi tinggi, jangan bergaul dengan orang yang memiliki motivasi rendah. Bila adan bergaul dengan orang sepeti ini bukan tidak mungkin cara pandang anda terhadap sesuatu adalah sama.  Karena sukses itu bisa menular karena terbiasa,itupun bila anda dapat memamfaatkan, ulet dan menekuninya.

Bagaimana cara menemukan dan mencari “PELUANG EMAS”?!
wah.. mungkin kalau di tanya tentang hal ini akan membuat kita binggung..!
ya,, tepat sekali peluang emas tidak dapat anda cari layaknya peluang kerja,karena sebenarnya apa yang anda genggam dan anda miliki saat ini bisa menjadi “Peluang Emas”dan semua orang memiliki hal tersebut,tergantung cara pandang kita ,teori kesempurnaankah atau teori ketidaksempunaan.

 Berikut Faktor-faktor yang perlu anda pertimbangkan dalam memulai sebuah Bisnis,yaitu;

  1. Pasar: Apakah ide(inspirasi)anda mampu diserap pasar?seberapa besar daya serapnya?dan dapat di aplikasikan dalam bisnis anda.
  2. Persaingan: Apakah inspirasi yang anda punyamudah dilakukan orang?apakah tren perubahanya sangat cepat? Dan lainnya.
  3. Individu: Apakah anda mampu membuatnya? gali semua potensi dan keunggulan yang anda miliki.

Contoh peluang bisnis: ”ATM dari keluhan menjadi bisnis”

ketika saat sebelum di adakannya mesin ATM banyak kendala yang di alami orang ketika bertransaksi di bank ,orang harus mengantri berjam-jam agar dapat menyetor atau penarikan uang, ada yang melakukan transaksi dalam jumlah yang sedikit dan ada pula yang dalam jumlah besar.dari masalah ini timbulah permintaan akan kebutuhan alat yang dapat membantu menyelesaikan permasalahn tersebut maka di buatlah ATM sebagi alat bantu dalam penarikan uang dalam jumlah kecil.begitupula dalam memulai bisnis, anda harus pandai melihat peluang dan bisa melakukan ketika orang lain tidak bisa .

Cara pandang yang salah akan mengakibatkan motto bisnis yang salah pula.

Apakah itu “Motto bisnis”?!. Motto bisnis adalah bagaimana cara pandang atau tujuan bisnis anda akan berkembang nantinya.ketika kebanyakan kita bertanya kepada pengusaha yang baru memulai usahanya , Apakah anda baru membuka usa anda? Maka kebanyakan akan menjawab “ia..tapi usaha kecil-kecilan kok”. Nah.. di situlah letak kesalahan cara pandang orang tersebut terhadap bisnisnya&usahanya. Artinya

1.mengecilkan arti bisnisnya sendiri.

“kecil-kecilan” Berarti tidak ada motivasi untuk menjadikannya besar atau hanya sekedar punya usaha tapi tidak berkembang.

2.Anda tidak yakin terhadap Bisnis anda sendiri.

Seharusnya percaya terhadap usaha yang kita bangun sendiri kalau bisa anda memanfaatkan orang untuk memajukan usaha anda(Relationship) dengan menawarkan kebaikan usaha anda, “self your business as soon as possible. Be Conffident”.

3.menunjukan anda tidak mempunyai “Selling skill”

Perkataan itu menunjukan anda tidak memiliki daya jual usaha,seperti yang di jelaskan di atas.anda harus berfikir bagaimana menjual usaha anda” How to sell your business”?!

Point yang anda dapat tunjukan adalah:

  1. Profesional
  2. Memiliki rasa percaya diri
  3. Memiliki konsep bisnis yang kuat
  4. Merasa mampu
  5. Aktaraktif dalam menemukan partner bisnis dalam mengembangkan bisnis
  6. Prosfektif

Itulah contoh motto bisnis yang benar dan di perhitungkan,yaitu mengandung “ selling point”, sehingga anda dapat membuat kagum orang yang memandang anda. semoga suksek dan artikel ini dapat berguna.

 

NB:“Memang banyak hal yang kita pelajari belum tentu kita pergunakan nantinya tapi tidak ada salahnya anda menjemput kesempatan itu. Karena tidak ada yang bakal terjadi , sekalipun anda menemukan peluang emas.

Kecuali .. Menganbil bagian dan melangkah yang besar (a giant step) untuk mewujudkan mimpi yang besar”

 

See you …:D

 

One thought on “Cara Memulai dan Mensiapkan Sebuah bisnis Baru

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : http://www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s