kasus-kasus dalam ekonomi (BI: Penyaluran BLT Lewat Ponsel, Masyarakat Miskin Bisa Akses Perbankan)


images

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bersyarat dengan menggunakan uang elektronik, khususnya melalui ponsel, diharapkan juga membantu meningkatkan jumlah pengguna jasa perbankan.

“Tadi saya menyinggung soal industri keuangan. Kita ketahui, masih banyak masyarakat kita yang belum dapat menikmati layanan jasa keuangan, baik itu bank, lembaga keuangan nonbank. Dengan program ini, kita coba buka dan tingkatkan akses masyarakat terhadap jasa keuangan,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ronald Waas, Rabu (8/10/2014).

Ronald mengungkapkan bahwa BI mendukung program pemerintah tersebut, dan diharapkan masyarakat miskin bisa tersentuh layanan jasa perbankan. “Jadi sekarang ini kita gunakan uang elektronik yang di alat penyalurannya ada telpon genggam. Tentunya masyarakat bisa menggunakan itu. Bisa digunakan belanja juga dengan menggunakan hp,” imbuhnya.

Menurut hasil Survey Neraca Rumah Tangga yang dilakukan BI tahun 2012, hanya 48 persen dari total rumah tangga di Indonesia yang memiliki tabungan di bank, lembaga keuangan non bank dan non lembaga keuangan.

Hal ini terjadi lantaran ketidaktahuan masyarakat atas produk layanan keuangan dan terbatasnya pelayanan perbankan. “Kondisi ini mendorong perlunya inklusi pada layanan jasa keuangan,” pungkasnya.

Analisis :

Dengan di adakannya program tersebut berarti BI telah membantu perbangkan dalam mempromosikan jasa kepada masyarakat dan untuk lebih mempermudah dalam proses transaksi, namun dibalik program yang dicanangkan juga si perlukan kesiapan baik dari pemerintah maupun pihak perbangkan untuk memfasilitasi nasabah yang dapat di golongkan jumlahnya tidaklah sedikit. selain itu pemerintah juga harus benar-benar siap dan matang dalam melakukan penyuluhan terhadap masyarakat dalam proses transakasi dan masyarakat harus benar-benar mengetahui bantuan langsung tunai bersyarat yang di maksudkan.

Sumber :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/10/08/225146626/BI.Penyaluran.BLT.Lewat.Ponsel.Masyarakat.Miskin.Bisa.Akses.Perbankan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s