kasus-kasus dalam ekonomi (susi jadi menteri saham perusahaan langsung melompat)


index

Naiknya Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan direspon positif oleh pasar. Hal itu terlihat dari naiknya saham perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil laut, PT Dharma Samudera Fishing Industries Tbk (DSFI).

Saham DSFI selama ini masuk kategori saham tidur dengan harga berada di kisaran Rp 50 per saham. Namun pada hari ini, Rabu (29/10/2014), saham tersebut naik signifikan hingga sebesar 28,36 persen di level Rp 86 per saham.

DSFI merupakan perusahaan yang sudah 40 tahun bergerak di bidang pengolahan hasil laut, dengan produk antara lain tepung roti ikan, fillet ikan, sashimi, cutlets ikan, steak ikan, dan daging ikan blok. Perusahaan ini juga menjalin kemitraan dengan komunitas nelayan sebagai pemasok bahan baku produk perseroan.

Sebagaimana diketahui, Susi Pudjiastuti diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Meskipun tidak mengenyam pendidikan formal hingga perguruan tinggi, Susi dinilai memiliki visi dalam memajukan sektor perikanan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Analis Universal Broker Indonesia Satrio Utomo saat dimintai pendapat mengenai kenaikan harga saham DSFI menyatakan sejauh ini kenaikan saham tersebut belum mencerminkan fundamental perusahaan.

“Ini lebih didorong karena spekulasi, bahwa ada ada potensi bisnis yang bisa diraih oleh emiten. Bagaimanapun, setiap kebijakan pemerintah selalu direspon dengan mengaitkan ke sektor emiten,” katanya.

Analisis: penggangkatan susi pudjuastuti memang sudah baik dan mengarah pada masa depan perikanan dan hasil laut yang menjanjikan di masa yang akan datang, hanya saja menurut saya banya hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat keputusan untuk mengangkat seseorang untuk menjadi seorang mentri. Sukses dengan bisnis perikanan dan hasil laut bukan berarti layak menjadi menteri, halnya dapat di bedakan antara jabatan dan bisnis. Ini akan rentan bagi sang menteri menginggat haruslah berbukti dengan jejak rekam profesi yang pernah di tanganin di bidang perikanan maupun kelautan, agar kedepannya masyarakat dapat menikmati usaha dari perkembangan dunia kelautan dan bisnis perikanan.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/10/29/095824026/Susi.Jadi.Menteri.Saham.Perusahaan.Ini.Langsung.Melompat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s