Harga Premium Turun Menjadi Rp 6.600 Per Liter


images

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar. Harga kedua jenis BBM tersebut mulai berlaku pada Senin (19/1/2015).

“Mulai nanti Senin jam 00.00 WIB, harga premium turun menjadi 6.600 per liter. Harga solar turun menjadi Rp 6.400,” kata Presiden dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Sebelumnya, sesuai Peraturan Menteri No 39 Tahun 2014, pemerintah per 1 Januari 2015 menurunkan harga premium dari Rp 8.500 menjadi Rp 7.600 per liter. Sementara harga solar turun menjadi Rp 7.250 per liter dari sebelumnya Rp 7.500 per liter.

Harga premium tersebut sudah sesuai pasar. Perhitungan harga tersebut mengacu MOPS sebesar 73 dollar AS per barrel dan kurs Rp 12.380 per dollar AS pada periode 25 November-24 Desember 2014.

Harga BBM jenis premium dan solar rencananya akan dievaluasi setiap dua minggu sekali.

Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan, pihaknya akan mengubah Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 Tahun 2014 yang masih mengatur penetapan harga BBM setiap satu bulan menjadi dua minggu sekali.

analisis: penurunan harga bbm sangatlah mempengaruhi perekonomian nasional terutama di sektor kecil dan menegah oleh karena itu penurunan harga bbm yang tidak terlalu jauh sebenarnya sudah menguntungkan berbagai pihak, namun hal tersebut haruslah juga dibarengi dengan pengawasan pemerintah akan terjadinya kenaikan harga minyak dunia. karena juka harga bbm melambung tinggi maka pemerintah akan banyak menanggung subsidi yang diberikan.

selain itu menurut saya penurunan harga bbm akan berdampak positif pada pertamina yang selama ini mengelolah bbm  negara karena apabila harga bbm terus melambung maka perusahaan minyak asing akan semakin mudah masuk dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh. tentunya ini akan menjadi pembeda ,dimana pertamina harus bersaing dengan perusahaan asing yang sama sekali tidak memiliki tanggungan sosial kepada masyarakat.

oleh karena itu menurunkan harga bbm sudah tepat dilakukan untuk melindungi perusahaan milik negara .

sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/01/16/142040326/Harga.Premium.Turun.Menjadi.Rp.6.600.Per.Liter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s