CONTOH PARAGRAF GENERALISASI, ANALOGI DAN SEBAB-AKIBAT


images (4)

Ganeralisasi

             Di setiap negara, khususnya negara-negara sedang berkembang, pengangguran masih menjadi masalah yang serius. Di Indonesia khususnya angka pengangguran relatif masih tinggi. Data yang dikeluarkan Bappenas terkait angka pengangguran ini adalah 6,8% tahun 2005 dan 6,32% tahun 2011. Itu berarti selama kurun waktu 5 tahun terjadi penurunan angka pengangguran. Hanya saja tingkat pengangguran angkatan kerjanya, khususnya kaum muda, masih relatif tinggi.
Analogi

Indonesia banyak sekali memilki pulau yang sangat indah diantaranya Bali dan Pulau Lengkuas di Belitung. Pulau Bali atau yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini sungguh luar biasa pesona keindahannya juga kekayaan budayanya yang masih sangat kental yang melekat pada penduduknya. Pulau Lengkuas merupakan pulau yang menjadi destinasi utama para wisatawan yang berkunjung ke Belitun. Formasi bebatuan akan langsung menyambut kedatangan anda di pulau ini. Terdapat pula mercusuar peninggalan zaman belanda sejak tahun 1882 yang masih berfungsi dan dapat anda naiki.Bagi anda pecinta keindahan bawah laut, terdapat lokasi Wreck Dive di dekat pulau ini pada kedalaman sekitar 12meter. Dari Tanjung Pandan untuk menuju Pulau Lengkuas dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Sebab-Akibat
         Kemiskinan merupakan keadaan masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup meliputi makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan mengakibatkan berkurangnya pendapatan masyarakat secara riil. Masyarakat mengalami penurunan daya beli barang-barang kebutuhan pokok secara umum. Akibatnya, masyarakat tidak dapat hidup secara layak sehingga taraf hidupnya menurun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s