Industri Jamu Bidik Omzet Rp 20 Triliun


download (2)

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perndustrian Saleh Husin mengatakan, industri jamu mengalami kenaikan yang signifikan. Pada tahun 2014 industri jamu mencatatkan penjualan sebesar Rp 15 triliun. Untuk tahun ini, ia mengatakan, proyeksi penjualan akan mencapai Rp 20 triliun atau mengalami kenaikan sebesar Rp 5 triliun.

“Industri jamu mencatatkan prestasi yang menggembirakan dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut terlihat dari omzet yang terus meningkat dari tahun ke tahun,” kata Saleh dalam acara yang bertajuk Minum Jamu Bersama Dalam Rangka Mencintai Industri Jamu Nasional di Kantornya, Jumat (16/1/2015).

Menurut dia, saat ini terdapat 1.160 industri jamu yang terdiri dari 16 industri skala besar dan 1.144 industri skala kecil dan menengah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia terutama di pulau jawa.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha (GP) Jamu, Charles Saerang mengatakan potensi ini perlu didukung sepenuhnya oleh pemerintah. Pasalnya, keberadaan jamu sudah ada sejak jaman Majapahit dan selalu bisa dipertahankan di masyarakat.

“Minum jamu itu sudah jadi tradisi sejak (kerajaan) Majapahit. Selain bisa menyehatkan badan, juga bisa bermanfaat kepada petani. Jamu itu selalu bisa dipertahankan di masyarakat karena tanpa campuran kimia. Saya harapkan minuman jamu jadi minuman resmi di kementerian-kementerian,” kata Charles.

analisis: industri jamu di indonesia semakin meningkat dan konsumsi masyarakat indonesia yang jelas sangat membawa harapan.  jamu adalah minuman dan obat dari negeri sendiri sudah seharusnya berjaya di negara sendiri, disamping itu juga jamu_jamu indonesia tidaklah kalah saing dengan produk_produk modren yang dijual di pasaran, jamu bisa dimodrenisasi khasiat maupun proses pembuatannya sehingga bisa terjangkau kesemua kalangan.

sumber:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/01/16/130300326/Industri.Jamu.Bidik.Omzet.Rp.20.Triliun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s