Menaker: Tenaga Kerja Asing Harus Bisa Bahasa Indonesia


download (3)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, membuat tenaga kerja asing lebih mudah masuk dan bekerja di Indonesia. Hal itu menjadi ancaman bagi tenaga kerja Indonesia, karena bisa mengurangi jatah lowongan kerja.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakiri menegaskan, semua orang asing yang ingin bekerja di Indonesia, harus bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan lancar. Pasalnya syarat tersebut sudah diberlakukan di beberapa negara tetangga jika ada orang Indonesia ingin bekerja di luar negeri.

“Jadi tenaga kerja asing disyaratkan bisa Bahasa Indonesia,” ujar Hanif di kantor Kementerian Perindustrian, Jumat (16/1/2015).

Hanif memaparkan, syarat tersebut bukan untuk mengusir orang asing dari Indonesia. Tujuan utama Hanif membuat peraturan orang asing harus bisa berbahasa Indonesia, untuk menegaskan adanya keadilan untuk tenaga kerja di ASEAN khususnya.

“Bukan membatasi tenaga kerja asing, agar kompetisi dalam konteks MEA bisa berjalan secara adil,” ungkap Hanif.

Hanif memberi contoh selama ini masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri, harus belajar bahasa mereka terlebih dahulu dan mengikuti ujian. Jika mereka gagal dalam ujian bahasa negara tersebut, tenaga kerja Indonesia tidak bisa bekerja di luar negeri yang mereka inginkan.

“Sekarang mau kirim tenaga kerja ke Jepang dipersyaratkan bisa Bahasa Jepang, ke Hongkong kita disyaratkan bahasa Kantonis, ke timur tengah juga sama,” kata Hanif.

analisis: saya sangat setuju jika para tenaga kerja asing yang bekerja di indonesia harus mampu berbaha indonesia. mengingat pada tahun yang akan mendatang mea akan berlangsung banyak spekulasi yang muncul terhadap terancamnya tenaga kerja dalam negeri dan sudah seharusnya pemerintah melindungi tenaga kerja dalam negeri. juga pemerintah harus kembali memperjelas kriterian yang dimaksud. bahwa tenaga kerja asing yang bekerja di indonesia harus memiliki standart bahasa yang mana? peraturan ini harus dikaji lebih mendalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s