makalah pengantar bisnis


Bisnis dan Kewirausahaan
Kursus Stir Mobil

Nama Anggota Kelompok :
o Adhistianti Rahmania 20212166
o Andika Hari S 20212782
o Any andryani 21212009
o Farrel Febrinal R.P 22212765
o Indah Puspita 23212672
o Irvan Lamhot 28212141

Kelas : 1EB06

Pengantar Bisnis
Kampus D Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya 100
BAB 1
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Mobil merupakan salah satu kendaraan untuk melengkapi kebutuhan sekunder. Perkembangan mobil saat ini menjadi suatu perhatian yang khusus, karena semakin meningkatnya intensitas penggunaan di masyarakat serta tingkat kemajuan suatu Negara menjadi sebuah alasan untuk berkembang dan memberikan seseorang untuk dapat mengemudikan mobil yang sangat maju dalam dunia kita. Saat ini, kemampuan mengemudikan kendaraan (dalam hal ini mobil), seringkali diperlukan bahkan terkadang menjadi prasyarat untuk mendapatkan pekerjaan. Jika seseorang bisa mengendarai mobil, maka seseorang mempunyai nilai plus.
Kursus mengemudi yang biasa dikenal “Driving Course” ini adalah suatu penyedia layanan jasa untuk melatih dan memberikan rasa nyaman kepada konsumen dalam pelayanan dan jasa yang sangat berguna ketika mengikuti kursus setir mobil.
Oleh karena perkembangan yang sangat pesat dibidang pelayanan jasa (Driving Course), maka kami mencoba menggunakan materi ini dalam tugas Bisnis dan Kewirausahaan.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah, yaitu :
1. Apakah pengertian dari “Kursus Stir Mobil” ?
2. Apakah manfaat dari kursus stir mobil ?
3. Apakah kursus setir mobil itu penting?
4. Materi apa saja yang diberikan oleh penyedia jasa kursus setir mobil?

1.3 Tujuan
Secara umum penulisan makalah ini bertujuan untuk :
1. Untuk mengetahui pengertian kursus jasa stir mobil.
2. Untuk mengetahui manfaat jasa stir mobil.
3. Untuk mengetahui pentingnya kursus stir mobil.
4. Untuk mengetahui materi yang diberikan oleh kursus setir mobil.

1.4 Manfaat
Untuk mengetahui perkembangan dalam usaha bisnis dan kewirausahan dan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang positif dan negative perkembangan bisni khususnya dalam bidang jasa kursus setir mobil.

Bab 2
Landasan teori
Mobil adalah kendaran beroda empat dan dikemudikan oleh satu orang. Mobil digunakan sebagai alat transportasi untu mengangkut beberapa orang atau barang. Saat ini mobil merupakan salah satu alat transportasi modern yang digunakan. Umumnya mobil diproduksi oleh Negara-negara maju seperti Amerika, Brazil, Canada dll. Saat ini mobil terdiri dari perangkat – perangkat mesin dan menggunakan bahan bakar cair untuk menjalankannya.

Pembahasan
Kursus stir mobil adalah suatu instansi jasa yang memeberikan pelayanan dalam mengemudi mobil. Membuka bisnis kursus mengemudi mungkin bisa menjadi sebuah usaha yang menguntungkan, tetapi tentunya memerlukan kendaraan untuk modal usaha anda. Biasanya untuk membuka usaha semacam ini membutuhkan perizinan tertentu, atau menghubungi instansi terkait (misalnya dinas perhubungan dll.)
Bisnis ini sepertinya memerlukan beberapa karyawan untuk operasi usaha.Minimal dengan merekrut seorang pelatih mengemudi yang handal.Dan harus menyewa ruangan sebagai kantor sekaligus tempat parkir untuk usaha.Dalam kursus mengemudi terdapat modifikasiyang memungkinkan tutor atau pelatih mengoperasikan rem dari tempat duduk disamping supir.
Mengemudi merupakan satu ketrampilan yang penting terutama bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta. Bagi yang ingin belajar mengemudi, ketrampilan ini bisa dipelajari dengan mudah dan nyaman. Selama beberapa tahun terakhir, jumlah penyelenggara pendidikan atau kursus setir mobil Kebutuhan akan keterampilan setir mobil yang terus meningkat dan prospek bisnis yang cerah menjadi pemicunya.

Lalu, apa saja yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan atau kursus tersebut? Materi apa saja yang diberikan kepada para siswanya dan keuntungan apa saja yang mereka dapatkan dengan mengikuti kursus tersebut? Tak bisa dipungkiri, keterampilan untuk mengemudikan mobil di zaman seperti sekarang ini tampaknya memang sudah menjadi suatu kebutuhan.
Terlebih dengan semakin meningkatnya intensitas penggunaan mobil di masyarakat. Karena itu, tak mengherankan jika penyelenggara pendidikan atau kursus setir mobil pun bermunculan bak jamur di musim hujan.Biasanya mereka memberikan pendidikan keterampilan mengemudikan mobil mulai dari kemampuan dasar seperti menghidupkan dan mematikan mobil, hingga yang paling sulit seperti memarkir mobil di tempat yang sempit

Materi yang kami berikan kepada para siswa dibagi dalam beberapa tahap, yaitu kemampuan dasar, maju, mundur/parkir, tanjakan, dan diakhiri dengan diskusi dan evaluasi.
Setiap usaha jasa kursus stir mobil memberikan konsep Kursus Stir Mobil dengan konsep “SMART” :
Safety :
Hal yang paling utama diprioritaskan dalam belajar mengemudi adalah
Keamanan. Kami sudah mempersiapkan mobil untuk belajar dengan sistem double kopling dan double rem, sehingga instruktur bisa mengendalikan siswa yang baru belajar mengemudi.
Maneuveribility :
Setelah pengenalan dasar instrument mobil sudah dipelajari siswa, maka siswa akan diberikan ketrampilan dan kemampuan bermanuver dijalan raya untuk menghadapi rintangan di jalan sempit, ramai,padat dan macet.
Awareness :
Siswa juga akan dilatih untuk kesadaran, kecepatan dan ketanggapan dalam menghadapi rintangan jalan raya di tikungan, jalan licin, jalan turunan dan jalan tanjakan..
Responsibility :
Salah satu tujuan yang hendak dicapai setelah siswa selesai belajar mengemudi adalan kecepatan reflek dan kemampuan untuk merespon hal – hal yang mendadak dijalan raya ; orang menyebrang, mobil lain mendahului dengan tiba-tiba dll.
Dengan konsep SMART tersebut diharapkan siswa dapat belajar mengemudi dengan Cepat, Aman dan Terampil.

Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan konsumen? Strategi advertising via koran lokal mungkin salah satu jalannya.

BAB 3
Penutup

a. Ringkasan
Kursus stir mobil ini sangat membantu bagi masyarakat di perkotaan seperti dijakarta dll, sebab dengan mengikuti kursus ini kita yang tidak bisa mengemudi, di ajarkan oleh pemandu , agar bisa mengemudi dengan baik dan benar.

b. Kesimpulan
Jadi membuka bisnis jasa kursus stir mobil ini sangat menguntungkan bagi warga yang yang tidak bisa mengemudi mobilnya sendiri untuk mengasah skill mengemudi. Di lain pihak, mereka yang belum bisa menyetir mobil sama sekali merasa sangat di untungkan, lantaran di kursus stir mobil ini tersedia fasilitas mobil untuk praktik langsung, termasuk instruktur yang akan memandu.

Lampiran

Pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas masih sebatas hapalan(kiri). Panduan proses pengujian SIM tidak selalu dipraktikkan pada sesi latihan mengemudi(kanan).

Pedal rem dan kopling diparalel ke posisi duduk instruktur malah tidak banyak berdampak positif

Daftar Pustaka

1. http://kompiancur.blogspot.com/2010/09/kursus-setir-mobil-bukan-sekedar.html
2. http://kompiancur.blogspot.com/2010/09/kursus-setir-mobil-bukan-sekedar.html
3. http://khamdannuryanto.wordpress.com/2011/07/18/belajar-stir-mobil/
4. http://usahakecilmodalkecil.com/usaha-kursus-mengemudi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s